Sudah Empat Kabupaten Tandatangan PKS Dengan Universitas Citra Bangsa (UCB), Kali Ini Dengan Pemkab Rote Ndao, Yang Lain Kapan..?

  • Whatsapp
FOTO : Acara penandatanganan PKS antara UCB dan Pemkab Rote Ndao

KABAKIA.COM, KUPANG – Universitas Citra Bangsa (UCB) terus memperluas jejaring kerjasamanya dengan pemerintah kabupaten/kota guna membantu pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan kualitas ASN di wilayah Provinsi NTT. Kali ini, UCB Kupang melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao.

FOTO : Rektor UCB, Prof. Dr. Frans Salesman, S. E., M. Kes dan Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE, sedang tandatangan PKS antar kedua lembaga

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Universitas Citra Bangsa (UCB) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao dilaksanakan di Aula Lantai 4 Gedung Rektorat UCB Kupang, Kamis (8/11/2022). Penandatanganan PKS dilakukan Rektor UCB, Prof. Dr. Frans Salesman, S. E., M. Kes dan Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE, dan disaksikan langsung oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM), yang juga Senator asal Provinsi NTT, Ir. Abraham Paul Liyanto, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Rote Ndao, Drs. Jonas M. Selly, M.Si serta semua pejabat dari kedua lembaga yang hadir.

Bacaan Lainnya

Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM), Ir. Abraham Paul Liyanto mengatakan, Kabupaten Rote Ndao merupakan kabupaten kelima di wilayah Provinsi NTT yang telah menandatangani PKS dengan Universitas Citra Bangsa (UCB), Dua kabupaten diantaranya yang telah terlebih dahulu tandatangan perjanjian kerjasama dengan UCB adalah Kabupaten Malaka dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Pada kesempatan ini, Ir. Abraham Paul Liyanto juga menceritakan sejarah berdirinya kampus UCB Kupang yang berawal dari rasa prihatin dirinya kepada TKW Nirmala Bonat yang dianiaya majikan di Malaysia. Ia kemudian mendirikan Lembaga Latihan Ketenagakerjaan yang kemudian berkembang menjadi Stikes Citra Bangsa dan kemudian berkembang menjadi Universitas Citra Bangsa.

Ir. Abraham Paul Liyanto berharap, kerjasama yang dibangun UCB bersama pemerintah kabupaten/kota dapat berdampak positif bagi pengembangan SDM masyarakat NTT termasuk masyarakat Kabupaten Rote Ndao. Juga terkait pentingnya perhatian bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk dapat memanfaatkan peluang beasiswa yang ada.

Rektor UCB, Prof. Dr. Frans Salesman, S. E., M. Kes menyampaikan hal yang sama, serta menyampaikan apresiasi kepada Bupati Rote Ndoa dan jajaran yang telah bersedia datang ke kampus UCB dalam rangka penandatanganan PKS tersebut.

Menurut Prof. Dr. Frans Salesman, sejak tahun 2010 sampai Januari 2022 mahasiswa UCB yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Rote Ndao sebanyak 56 mahasiswa. Selain itu, mahasiswa UCB asal Kabupaten Rote Ndao juga ada yang menjadi penerima beasiswa KIP, beasiswa dari pemerintah pusat, dan juga ada beasiswa dari Abraham Paul Liyanto Foundation, dengan jumlah mencapai 300 mahasiswa.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Frans Salesman juga menjelaskan tentang profil kampus UCB Kupang termasuk tentang kerjasama UCB dengan Universitas Islam Indonesia  (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah ditandatangani saat upacara wisuda Diploma III, Sarjana dan Profesi pekan sebelumnya. Terutama mengenai rencana pembukaan Prodi Pendidikan Kedokteran dan Prodi Profesi Apoiteker yang dimulai tahun 2022/2023. Dimana untuk penyelengaraan prodi tersebut, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi induk semamngnya.

“Kami berharap, Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani ini berdampak positif bagi peningkatan SDM apartur sipil negara (ASN) dan masyarakat Kabupaten Rote Ndao,” kata Prof. Dr. Frans Salesman.

Sementara Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE menyambut baik adanya Kerjasama yang dibangun bersama UCB Kupang. Ini merupakan Langkah maju yang sangat membantu bagi ASN dan masyarakat Rote Ndao. Terutama untuk prodi sarjana kebidanan dan kedokteran serta Prodi Pendidikan.

“Selama ini, tenaga Kesehatan kami yang masih berijasah Diploma harus ke Jawa untuk mengambil Pendidikan sarjana kebidanan dan keperawatan. Tetapi dengan adanya prodi sarjana dan profesi kebidanan serta keperawatan dan juga kedokteran, kami tentu akan mengarahkan ASN untuk mengambil tugas belajar ke UCB Kupang saja,” kata Paulina Haning-Bullu.

Selain karena dari sisi anggaran menajdi lebih hemat, kata Paulina Haning-Bullu, kuliah sarjana dan profesi di UCB Kupang membuat tenaga Kesehatan dari Kabupaten Rote Ndao menjadi tidak terpisah jauh dan lama dari keluarga. Apalagi tenaga Kesehatan yang kebidanan, sehingga tidak meninggalkan suami dan anak-anak-anak.

“Kami juga berharap mahasiswa dari UCB juga bisa melakukan kegiatan KKN dan penelitian ke Rote Ndao sehingga bisa membantu masyarakat kami. Kami tentu menyambut baik kerja sama ini dan berharap terus berjalan dengan baik,” kata Paulina Haning-Bullu.

Untuk diketahui, Pada Upacara Wisuda Diploma III, Sarjana, dan Pendidikan Profesi, Fakultas Kesehatan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Citra Bangsa (UCB) Tahun Akademik 2022/2023, yang digelar di Ballroom Restauran Oriental Kupang, Senin 5 Desember 2022, telah dilakukan pula Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Penandatanganan MoU dilakukan Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB), Prof. Dr. Frans Salesman, S. E., M. Kes, dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc., M.A.

Dengan adanya kerjasama tersebut, maka Program Studi Profesi Apoteker akan mulai berlangsung di Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang dengan status sebagai Mahasiswa Prodi Profesi Apoteker UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Artinya kuliah di Kupang tapi statusnya mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Silahkan kuliah di UCB Kupang dengan status mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah. Dan juga kami sampaikan bahwa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan jadi Induk Semang untuk Prodi Kedokteran mulai tahun 2024 di UCB Kupang,” kata Prof. Dr. Frans Salesman saat itu.

Selain itu, tambah Prof. Dr. Frans Salesman, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga akan jadi induk semang untuk Prodi Teknik Informatika dan Prodi Bisnis Digital. Sebuah kesepakatan Kerjasama yang sangat membantu dan menguntungkan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) serta kedua universitas.

Dengan adanya rencana pembukaan Prodi Kedokteran di Universitas Citra Bangsa (UCB), maka di Kota Kupang dan di Provinsi NTT umumnya, akan ada dua kampus yang memiliki prodi kedokteran. Kalau selama ini hanya ada Prodi Pendidikan Kedokteran dan Prodi Profesi Kedokteran di Fakultas Kedokteran Undana, maka aka nada tambahan satu kampus yang memiliki Prodi Kedokteran yakni Prodi Kedokteran, Fakultas Kesehatan UCB Kupang.

(max)

 

Pos terkait